Dalam training peserta dapat menjadi loyo, kehilangan minat pada training dan kehabisan semangat untuk menjalani training. Jika motivasi peserta tidak dibangkitkan, mereka tidak akan terlibat penuh dalam training sehingga tujuan training akan sulit dicapai. Untuk itu, trainer perlu memiliki kecakapan untuk memotivasi peserta. Kecakapan memotivasi peserta tersebut meliputi:
- Menciptakan suasana training yang sesuai dengan tuntutan materi, keadaan peserta, dan proses training
- Memotivasi peserta agar serius dalam mengikuti training
- Membuat jalannya training menarik dan menimbulkan minat untuk terus mengikuti dengan variasi teknik dan cerita-cerita yang menarik, seperti apa contohnya boleh comment untuk discuss lebih lanjut tekniknya.
Pentingnya Motivasi dalam Pembelajaran
Seorang peserta pelatihan belajar paling baik ketika dia mengenali kebutuhan dan mengembangkan keinginan untuk belajar hal ni melalui motivasi. Motivasi merangsang peserta pelatihan untuk berpikir, berkonsentrasi dan belajar secara efektif. belajar adalah proses aktif yang membutuhkan peran partisipatif. Motivasi mempengaruhi tingkat belajar, retensi informasi dan keinginan untuk belajar. Ketika tidak termotivasi dengan baik, seorang peserta pelatihan belajar sedikit dengan kesulitan karena ia melihat tidak perlu belajar.
Memotivasi peserta pelatihan untuk belajar adalah perhatian utama dalam situasi pelatihan apa pun. Motivasi adalah salah satu tugas utama dalam mengajar atau proses pelatihan. Instruktur harus memastikan bahwa itu dibangun dalam setiap presentasi pelajaran. Motivasi harus dimulai selama pengenalan pelajaran untuk memastikan minat peserta pelatihan dan untuk mengarahkan perhatian pada apa yang harus dipelajari. Seharusnya tidak berhenti pada tahap pengantar, tetapi dilanjutkan sepanjang seluruh presentasi pelajaran.
Teknik untuk memotivasi trainee:
- Tunjukkan pentingnya mengikuti pelatihan
- Membangkitkan dan mempertahankan minat
- Meningkatkan peluang keberhasilan awal
- Berikan apresiasi saat trainee melakukan arahan dengan baik atau apabila ada task dikerjakan dengan baik
- Berikan pujian jangan blaming
- Hindari tanggapan emosional
- Trainer harus menjadi teladan dan menjadi professional
- Atur Tujuan training yang jelas
- Menyediakan fasilitas yang diperlukan
- Berikan peserta kesempatan untuk melakukan apa yang diharapkan
- Perlakukan trainee sebagai individu yang special
- Berikan panduan yang benar
Komentar
Posting Komentar