Langsung ke konten utama

Motivasi Pagi



Pagi ini duduk menyeruput kopi sembari makan roti, dan menuliskan cerita motivasi untuk mengulas beberapa hal sehingga mampu merubah pola pikir untuk menyemangati.

Kita akan ulas beberapa sejarah mencengangkan yang akan merubah pola pikir Anda, dengan saya ceritakan beberapa kisah serta beberapa pelajaran yang dapat diambil didalamnya.

Selamat membaca sembari menjalankan aktivitas.

Kita ulas cerita pertama yaitu tentang perusahaan raksasa dengan gadget & perusahaan multinasional di bidang jasa dan produk internet.

  • Nokia perusahaan gadget terkemuka, kita semua generasi X pasti mengenal Nokia, gadget pertama Anda bisa jadi bermerk Nokia, untuk generasi Z mungkin tidak terlalu familiar dengan merk gadget tersebut, mereka sekarang lebih familiar dengan Android dan iOS. Nah ternyata Nokia sebelum kejatuhannya sekarang dia itu pernah menolak Android.
  • Selanjutnya perusahaan jasa dan produk internet atau sistem pencarian di internet yang paling banyak dibuka dulu adalah kita kenal Yahoo, namun sekarang kita kinal Google sampai ada istilah atau jokes ketika mentok "tanya mbah Google"😇. Nah ternyata Yahoo pernah menolak akuisisi dengan Google.
  • Sekarang Nokia hancur, Android Mendunia, Yahoo telah di Akuisisi Google.
Pelajaran yang dapat diambil adalah:
  • Berani untuk ambil Resiko
  • Sambutlah perubahan, dunia terus berkembang guys, revolusi industri pun sudah sampai 4.0 bahkan sudah ada yang menjalankan 5.0, ada sekarang artificial intelligence, organization change people must change.
  • Jika Anda menolak untuk berubah seiring waktu, Anda mungkin binasa


Kita ulas kisah selanjutnya mengenai social media digital platform, anak jaman now pasti tidak ada kan yang tidak punya sosial media untuk menunjang ke"eksistensian" atau para pemilik bisnis konvensional yang beralih ke digital karena melihat potensi seperti kisah pertama tadi bisa jadi yaitu organizational change, people change, culture change or system change.
  • Facebook telah mengambil alih whatsapp dan instagram, pernah kaget kan di whatsapp sering ada notifikasi "from facebook" nah  facebook melihat peluang untuk menguatkan usahanya.
  • Perusahaan transportasi online seperti Grab telah mengambil alih Uber.

Pelajaran yang dapat diambil adalah:

  • Kuatkan usaha Anda maka pesaing Anda akan menjadi sekutu
  • Raih posisi teratas dan kemudian hilangkan persaingan
  • Terus berINOVASI

Kisah lainnya datang dari sosok yang terkenal saat ini bisa dikatakan personal branding dia kuat, mengalahkan brand perusahaannya "ketika saya survei ke temen dekat yang tidak tau bisnis saya bertanya nama perusahaan beliau ini tidak tahu tapi ketika saya sebut itu loh perusahaan yang punyanya ini" Wow dia langsung tahu, siapakah ini? ini adalah "Jack Ma"
Kisahnya berikut:
  • Kita awali dengan brand ternama yang semua orang pasti tahu, mostly people pernah makan, pernah terinspirasi menjual dagangan yang persis dengan itu, apakah brand itu? jawabannya adalah "KFC" atau kependekan dari Kentucky Fried Chicken, siapa yang mempelopori brand makan cepat saji populer tersebut? Dia adalah Kolonel Sanders yang mendirikan KFC pada usianya 65 tahun.
  • Nah selanjutnya kita mengisahkan soal Jack Ma yang telah saya singgung tadi, bagaimana kisah beliau? Jack Ma pernah tidak bisa mendapatkan pekerjaan d KFC sekarang dia malahan memiliki Alibaba yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Dunia.
Pelajaran yang dapat diambil adalah:
  • Usia hanyalah angka, jangan berputus asa Bapak/ Ibu yang mungkin sudah pensiun teruslah berkarya dan tetap produktif, jangan berputus asa.
  • Hanya mereka yang terus berusaha yang berhasil, keep up the spirit!

Kisah lainnya dari brand otomotif ternama yaitu Lamborghini. 
Lamborghini didirikan sebagai hasil balas dendam dari pemilik traktor yang dihina oleh Enzo Ferrari (pendiri Ferrari).
Lamborghini selalu dicirikan dengan sebuh berperforma tinggi incaran orang berduit, jauh ke belakang ternyata tersimpan sejumlah kisah menarik.
Produsen Aventador ini didirikan oleh seorang pendiri perusahaan Traktor "Ferruccio Lamborghini" dia menggeluti mobil mahal dengan membeli sebuah Ferrari 250 GT namun mobil tersebut menimbulkan kekecewaan di masalah kopling dan akhirnya menemui Ferrari untuk meminta saran. Bukan jawaban yang ia dapat , Enzo Ferrari justru melemparkan komentar yang membuat Ferruccio Lamborghini tersinggung yaitu "Masalahnya bukan kepada mobilnya tetapi pada pengendaranya" dan meminta Lamborghini untuk mengurusi traktornya saja. Setelah itu Lamborghini bersumpah untuk menciptakan sebuah kendaraan yang bakal mematahkan pesona Ferrari, dia menarik mantan karyawan Ferrari untuk bergabungdan akhirnya membuat GT mewah dan kuat yang mampu mencapai kecepatan 241 km/ jam akhirnya pabrikan diberi nama sesuai pendirinya Lamborghini 360GT dan melakukan debut tahun 1964. (cerita selengkapnya bisa dibaca di www.liputan6.com tentang Sejarah Lamborghini: Berawal dari Traktor hingga Dihina Ferrari)
Cerita menarik ini pun telah menarik pembuat film Hollywood dengan memunculkan film Berjudul Ford v Ferrari yang diperankan apik oleh Matt Damon dan Christian Bale.
Pelajaran yang dapat diambil adalah:
  • Jangan pernah meremehkan siapapun!
  • Sukses adalah balas dendam terbaik.




Sebenarnya ada jutaan cerita seperti ini dalam keseharian kita, lingkungan kita, atau bahkan Anda sendiri mungkin pernah merasakannya.
Tetap percayalah bahwa meraih sukses itu bisa dipelajari dari pengalaman orang-orang yang mengalaminya.

RISK EVERYTHING TO WIN EVERYTHING.
MAN JADDA WAJADA






sumber insiprasi dari @ceritamotivaasi.id
my instagram @davita_variani


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Stalaktit Stalagmit

It's being wonderful and MasyaAlloh if we see the light in the dark, it's like seeing stalaktit and stalagmit in the deepest of cave bright like a diamond. Kalau pembaca yang belum pernah lihat langsung stalaktit dan stalagmit temuilah segera! Apakah sesingkat itu dan semudah itu stalaktit dan staklagmit terbentuk apalagi menjadi bentuk yang indah menjuntai di langit-langit goa dan di lantai goa? Jawabannya pasti tidak, oleh para ahli bebatuan pasti pun mereka akan menjawab tidak. Stalaktit dan Stalagmit itu terbentuk dari kumpulan kalsit atau kalsium karbonat yang berasal dari air yang menetes. Ya tetesan air, dimana tetesan air itu setetes demi setetes tetapi terus menerus dari langit-langit gua atau dinding gua.  Kisah inspiratif yang dapat saya ambil dari cerita terbentuknya stalaktit dan stalagmit ialah bahwa sesuatu yang indah dan besar tidak terbentuk dengan singkat atau sekejap saja apalagi instan tetapi butuh dilakukan terus-menerus seperti air yang terus men

Pentingnya Inisiatif Dalam Dunia Kerja!

  Kenapa bahasan kali ini saya tertarik mengulik mengenai INISIATIF? sebelumnya kita pahami pengertiannya Inisiatif adalah kemampuan untuk memutuskan dan melakukan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu, mampu menemukan apa yang seharusnya dikerjakan terhadap sesuatu yang ada di sekitar, berusaha untuk terus bergerak untuk melakukan beberapa hal walau keadaan terasa semakin sulit. Akhir-akhir ini di perusahaan partner saya, kebutuhan SDM "inisiatif" sangat penting dibutuhkan apalagi di kondisi pekerjaan remote/ online working era saat ini, dimana tidak pernah bertatap muka secara langsung, koordinasi via online atau virtual, dimana sebelumnya ide-ide dalam pekerjaan, argumentasi bisa diutarakan secara langsung head to head, face to face, tinggal jalan temui orangnya di ruang kerjanya,  tidak perlu biaya tambahan kuota meeting online yang dimana distraksi kita tidak tau apa saja yang terjadi di lawan bicara kita atau pada karyawan kita, kontrol terus tiap saat pun akan men

Design Thinking sebagai Metode yang Powerfull

Metode design thinking fokus dengan mengkolaborasikan multidisipliner dan perbaikan terus-menerus dan merupakan metode yang powerfull untuk mencapai desain yang diinginkan, ramah pengguna, dan ekonomis, serta produk dan layanan inovatif.  Inovasi yang dihasilkan bisa berupa produk, jasa, atau desain bisnis. Langkah-langkah Design Thinking sebagai berikut : a.        Emphatize ,   tahapan ini adalah kondisi Anda dalam melihat masalah orang-orang (user) yang ada di sekitar Anda. Berinteraksi dengannya akan membuat Anda tahu apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Maka dengan begitu Anda akan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Dengan demikian Anda bisa menggali pemikiran Anda untuk bisa menjawab apa yang mereka katakan pada Anda saat berinteraksi.   Tujuan dari Emphatize adalah mengetahui akar masalah b.       Define , nah pada tahapan ini Anda sudah mulai menemukan apa yang cocok untuk menjawab pertanyaan yang didapat pada saat tahapan emphatize. Sasaran yang ingin dicapai