Langsung ke konten utama

MANFAAT MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI



Alasan Mengapa Anda Perlu Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi, Ada Banyak Manfaatnya!


– Keterampilan berkomunikasi merupakan komponen yang vital di dalam kehidupan. Sebagian orang mungkin saja memiliki kemampuan berkomunikasi secara efektif, dimana mereka mampu mengatakan pesan dengan baik dan memiliki nada bicara yang sangat baik, Namun hal ini tidak dimiliki oleh semua orang terkadang ada yang harus berjuang dengan keras agar bisa berkomunikasi secara efektif. 

Kemampuan komunikasi berhubungan dengan bisnis, karir, membangun koneksi, persahabatan, dan bisa memperkuat ikatan keluarga. Berikut beberapa manfaat dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi 

  • Membangun Hubungan yang Lebih Baik

Perhatikan wajah dan nada bicara lawan bicara saat komunikasi saat berkomunikasi di tempat kerja.
Membangun hubungan yang lebih baik sangat penting untuk pertemanan dan hubungan dengan atasan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menciptakan kemitraan yang saling menguntungkan dengan hubungan bisnis.
Hubungan yang baik didapatkan dengan melakukan keterampilan berkomunikasi yang baik, misalnya dengan cara mendengarkan, menggunakan kalimat yang baik, dan bahasa tubuh yang mendukung.

  • Keterbukaan dan Kepercayaan

Saat Anda membangun sikap keterbukaan dan kepercayaan dengan orang-orang disekitar, maka hal ini bisa memberikan Anda rasa hormat yang lebih besar dan kemampuan untuk bekerja sama dengan lebih baik.

  • Menyampaikan Ide-ide Cemerlang

Sebagian besar orang mampu untuk menghasilkan ide-ide bisnis yang cemerlang. Namun, kemampuan menghasilkan ide tidak diimbangi dengan kemampuan untuk mempromosi ide tersebut secara positif. Tentu saja saat akan menyampaikan ide tersebut diperlukan keterampilan komunikasi yang baik. Wah semakin jelas banyak manfaatnya nih punya keterampilan komunikasi yang baik.

  • Membuat Anda Menonjol di dalam Pekerjaan

Saat ini banyak perusahaan yang mengharuskan karyawan mereka untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar, misalnya saja mengikuti rapat kerja dan melakukan presentasi di depan banyak orang.
Jika Anda tidak terbiasa dan tidak memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik, maka hal seperti ini bisa saja membuat gugup dan Anda tidak bisa melakukannya dengan optimal. Padahal agar bisa maju dan berkembang di dalam karir, Anda perlu memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik. Kemampuan berkomunikasi akan membantu Anda untuk menjual kemampuan, membangun hubungan, dan mendapatkan rasa hormat serta kepercayaan yang lebih baik.
  • Membuat Kesan Pertama yang Lebih Baik

Kesan pertama merupakan salah satu faktor yang akan mempengaruhi hubungan Anda dengan setiap orang yang ditemui. Kalau di dalam ilmu Psikologi diistilahkan dengan Halo Effect. Kesan pertama jugalah yang akan mempengaruhi orang lain untuk bisa menyukai Anda atau tidak.
  • Membuat Banyak Orang Tertarik

Berdasarkan ilmu psikologis, orang yang memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik akan lebih mudah untuk disukai oleh orang lain. 
Alasannya sangat sederhana, sebab komunikasi yang baik sangat berkaitan kuat dengan kepemimpinan dan kemampuan mereka. Kualitas seperti inilah yang membuat orang lain merasa tertarik dengan orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Dengan mengembangkan dan mendemonstrasikan kemampuan komunikasi yang baik, maka Anda bisa memposisikan diri sebagai seorang pemimpin yang membuat orang lain tertarik.
  • Kemampuan Mendengar yang Lebih Baik

Meskipun banyak yang menyukai orang dengan kemampuan berbicara yang baik, namun jika Anda melakukannya secara berlebihan orang tidak akan suka dengan hal ini.
Tidak semua orang suka dengan mereka yang terlalu mencari perhatian. Keterampilan berkomunikasi yang baik sangat berhubungan dengan kemampuan untuk mendengarkan.
Mendengarkan orang berbicara menunjukkan bahwa Anda tertarik dengan orang yang sedang diajak berbicara. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat orang lain dan tidak memikirkan diri sendiri.


Kemampuan berkomunikasi menjadikan seseorang lebih baik dalam menyampaikan ide, membangun hubungan dengan orang lain, mempromosikan sesuatu, dan juga bisa meningkatkan kepercayaan orang lain.

Semua faktor di atas sangat bermanfaat dalam kehidupan Anda, terutama untuk bisa sukses di dalam sebuah pekerjaan yang sedang dilakukan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyisihkan waktu melatih keterampilan berkomunikasi dengan lebih baik.


Boleh gabung di acara saya cek di link berikut https://bit.ly/3e6VhXj



Ilustrasi gambar from https://www.freepik.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Stalaktit Stalagmit

It's being wonderful and MasyaAlloh if we see the light in the dark, it's like seeing stalaktit and stalagmit in the deepest of cave bright like a diamond. Kalau pembaca yang belum pernah lihat langsung stalaktit dan stalagmit temuilah segera! Apakah sesingkat itu dan semudah itu stalaktit dan staklagmit terbentuk apalagi menjadi bentuk yang indah menjuntai di langit-langit goa dan di lantai goa? Jawabannya pasti tidak, oleh para ahli bebatuan pasti pun mereka akan menjawab tidak. Stalaktit dan Stalagmit itu terbentuk dari kumpulan kalsit atau kalsium karbonat yang berasal dari air yang menetes. Ya tetesan air, dimana tetesan air itu setetes demi setetes tetapi terus menerus dari langit-langit gua atau dinding gua.  Kisah inspiratif yang dapat saya ambil dari cerita terbentuknya stalaktit dan stalagmit ialah bahwa sesuatu yang indah dan besar tidak terbentuk dengan singkat atau sekejap saja apalagi instan tetapi butuh dilakukan terus-menerus seperti air yang terus men

Pentingnya Inisiatif Dalam Dunia Kerja!

  Kenapa bahasan kali ini saya tertarik mengulik mengenai INISIATIF? sebelumnya kita pahami pengertiannya Inisiatif adalah kemampuan untuk memutuskan dan melakukan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu, mampu menemukan apa yang seharusnya dikerjakan terhadap sesuatu yang ada di sekitar, berusaha untuk terus bergerak untuk melakukan beberapa hal walau keadaan terasa semakin sulit. Akhir-akhir ini di perusahaan partner saya, kebutuhan SDM "inisiatif" sangat penting dibutuhkan apalagi di kondisi pekerjaan remote/ online working era saat ini, dimana tidak pernah bertatap muka secara langsung, koordinasi via online atau virtual, dimana sebelumnya ide-ide dalam pekerjaan, argumentasi bisa diutarakan secara langsung head to head, face to face, tinggal jalan temui orangnya di ruang kerjanya,  tidak perlu biaya tambahan kuota meeting online yang dimana distraksi kita tidak tau apa saja yang terjadi di lawan bicara kita atau pada karyawan kita, kontrol terus tiap saat pun akan men

Design Thinking sebagai Metode yang Powerfull

Metode design thinking fokus dengan mengkolaborasikan multidisipliner dan perbaikan terus-menerus dan merupakan metode yang powerfull untuk mencapai desain yang diinginkan, ramah pengguna, dan ekonomis, serta produk dan layanan inovatif.  Inovasi yang dihasilkan bisa berupa produk, jasa, atau desain bisnis. Langkah-langkah Design Thinking sebagai berikut : a.        Emphatize ,   tahapan ini adalah kondisi Anda dalam melihat masalah orang-orang (user) yang ada di sekitar Anda. Berinteraksi dengannya akan membuat Anda tahu apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Maka dengan begitu Anda akan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Dengan demikian Anda bisa menggali pemikiran Anda untuk bisa menjawab apa yang mereka katakan pada Anda saat berinteraksi.   Tujuan dari Emphatize adalah mengetahui akar masalah b.       Define , nah pada tahapan ini Anda sudah mulai menemukan apa yang cocok untuk menjawab pertanyaan yang didapat pada saat tahapan emphatize. Sasaran yang ingin dicapai