Krisis Covid-19 ini telah mencapai fase kritis dimana sistem kesehatan masyarakat harus bertindak tegas untuk menahan pertumbuhan. Penekanan utama adalah harus ada penahanan dan mitigasi penyakit itu sendiri. Tetapi diluar itu selain berdampak pada masalah sosial, dalam hal ekonomi juga berdampak cukup signifikan, yaitu banyak perusahaan yang harus memahami kondisi, belajar dari peristiwa yang berlangsung saat ini dan bereaksi dengan cepat.
Berikut rangkuman cara untuk memimpin Bisnis Anda Melalui Krisis
Covid-19 ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:
- Update sisi intelegensi dan kognitif kita setiap hari untuk membingkai ulang perspektif keseluruhan;
- Waspadalah terhadap siklus bisnis yang baru. Ketika Anda menyerap berita terbaru, pikirkan secara kritis tentang sumber informasi sebelum bertindak;
- Jangan berasumsi bahwa informasi menciptakan informasi;
- Gunakan pakar dan ramalan dengan cermat;
- Terus membingkai ulang pemahaman Anda tentang apa yang terjadi;
- Waspadalah terhadap isu-isu kontroversi dan sensitif;
- Pastikan respon Anda seimbang di tujuh dimensi ini : Komunikasi, Kebutuhan karyawan, Aturan mobilisasi karyawan, Kerja jarak jauh, Stabilisasi rantai pasokan, Ramalan bisnis kedepan, Menjadi bagian dari solusi yang lebih luas Menggunakan prinsip ketahanan dalam mengembangkan kebijakan.
- Menggunakan prinsip ketahanan dalam mengembangkan kebijakan;
- Bersiaplah untuk Krisis berikutnya;
- Persiapan intelektual tidak cukup, skenario harus diupdate dan disesuaikan;
- Renungkan apa yang telah Anda pelajari;
- Bersiaplah untuk dunia yang berubah.
Karakteristik umum
yang seharusnya direfleksikan dalam merespon Krisis :
- Menambah kapasitas produksi dan mencari sumber produksi lain untuk solusi
- Menyatukan tim manajemen krisis yang secara kognitif beragam yang akan memiliki lebih banyak ide tentang solusi potensial
- Mengatur kompleksitas dengan memecah sesuatu yang besar atau kompleks ke dalam kelompok bagian-bagian kecil yang lebih mudah diatur
- Fasilitas yang ada harus bisa dimodifikasi dengan mudah sesuai dengan perubahan yang diperlukan
- Membuat skenario yang masuk akal dan bijaksana
- Menanamkan kepercayaan dan dukungan kepada client atau mitra
sumber : harvard business review
Komentar
Posting Komentar