Pertanyaan yang menghantui ketika masih menjadi siswa/ mahasiswa ialah kapan lulus?
Selanjutnya pertanyaan yang menghantui setelah lulus sekolah/ kuliah adalah kapan bekerja?
Untuk individu yang belum punya good planner sebelumnya, dan hasil dari banyak fresh graduated yang bertanya Bagaimana tips-tips untuk mendapat pekerjaan, bagaimana cara membuat aplikasi lamaran yang baik, dan dapat cepat dilirik oleh Perusahaan.
Berikut tips melamar kerja untuk para fresh graduate, saya berikan tips dari sisi Psikologis, serta sudut pandang saya yang telah pengalaman sebagai seorang Recruiter di sebuah Perusahaan.
Saya ungkap selengkap-lengkapnya, apabila ada yang dirasa masih kurang boleh comment.
Pertama saya uraikan dari awal dulu, karena pertanyaan dari teman-teman freash graduate biasanya cara mendapatkan informasi lowongan kerja itu dimana?
Ok the first question is When....
Jawabannya ialah so simple sebenarnya dengan perkembangan jaman kita dipermudah dengan teknologi, kita bisa browsing dengan cepat dan mudah info-info lowongan kerja di Internet, dan kita bisa ikut mendaftar menjadi pencari kerja di website lowongan kerja di Indonesia ada jobstreet, jobs.id, karir.com, dlsb silahkan browsing tapi Ups kalian harus lihat dengan jeli ya jangan asal pilih Perusahaan karena ada lowongan terus langsung apply, sebelumnya periksa dengan baik profil Perusahaan tersebut jangan terjebak dengan Perusahaan abal-abal. Selain internet atau media elektronik, kita bisa mencari lewat media cetak, biasanya media cetak membuat kolom lowongan kerja khusus, jadi harus semangat ya mencari jangan mudah menyerah dengan hanya mencoba satu lowongan. Selanjutnya dari sisi Psikologis kita manfaatkan pertemanan atau jejaring sosial sebanyak-banyaknya, siapa tau kita dapat informasi lowongan kerja dari teman itu banyak mungkin terjadi, jadi bermodal lah komunikasi dan good attitude maka akan mendapat banyak teman, sehingga akan banyak mendapat informasi dan rekomendasi diri yang baik.
Setelah When, berlanjut ke How. Bagaimana membuat surat lamaran kerja dan profil diri yang baik sehingga bisa cepat dilirik oleh Perusahaan. Yang pertama penting juga dianggap sepele terkadang oleh para pelamar hal ini pengalaman saya sebagai seorang recruiter saya merasa malas menerima aplikasi email pelamar yang size nya terlalu besar. Jadi silahkan para fresh graduate gunakan teknologi compress file atau lebih baik satu attachment sudah mengungkap semua profil Anda, subject email juga perlu sekali dicantumkan dengan singkat yang memuat posisi apa yang Anda lamar, dan penggunaan email pribadi sebaiknya yang formal jangan menggunakan nama akun yang alay, ingat dari segi Psikologis hal itu mencerminkan profesionalitas. Hal tadi tips ketika melamar via media elektronik, selanjutnya bagaimana jika via media cetak, informasi data diri dan alamat serta posisi yang dilamar dapat dicantumkan di amplop pelamar. How selanjutnya mengenai isi lamaran, tentu saja tipsnya buat yang semenarik mungkin tetapi tetap formal dengan memperhatikan posisi yang Anda lamar, contohnya apabila melamar di bagian design pastinya menonjolkan kemampuan Anda di design sangat diperlukan sekali, dari segi Psikologis seperti yang diungkapkan sebelumnya kita haruslah memperhatikan profesionalitas, foto yang ditampilkan akan menonjolkan bagaimana personality kita, jadi jangan pasang foto alay dari angel atas, bawah, kiri, atau kanan, kecuali apabila melamar menjadi model dan hal itu diperlukan sekali lagi kondisikan dengan posisi yang Anda lamar, seorang yang fresh graduate tidak dapat menonjolkan diri dari pengalaman kerja pastinya, maka tipsnya tonjolkan diri Anda dari beberapa kegiatan yang positif seperti pengalaman organisasi hal ini menunjukkan Anda siap dan terbiasa team work karena di dunia Pekerjaan Anda akan menemukan berbagai karakter yang diharuskan bekerjasama. Tuliskan skill yang dimiliki, jadi tipsnya dimulai dari Anda sekolah/ kuliah jangan hanya kost, kampus, kantin (3K), tapi tambah K satu lagi Kegiatan tentunya Kegiatan yang positif seperti mengikuti organisasi dan seminar-seminar untuk menambah wawasan, kalau memiliki time management yang bagus tambah K satu lagi yaitu Kerja (part time) dapat pengalaman tentunya dapat tambahan uang jajan.
Ingin tips lanjutan yang merasa belum greget, silahkan dapat berkonsultasi langsung.
Komentar
Posting Komentar