Langsung ke konten utama

Tips Melamar Kerja Untuk Fresh Graduate


Pertanyaan yang menghantui ketika masih menjadi siswa/ mahasiswa ialah kapan lulus? Selanjutnya pertanyaan yang menghantui setelah lulus sekolah/ kuliah adalah kapan bekerja? Untuk individu yang belum punya good planner sebelumnya, dan hasil dari banyak fresh graduated yang bertanya Bagaimana tips-tips untuk mendapat pekerjaan, bagaimana cara membuat aplikasi lamaran yang baik, dan dapat cepat dilirik oleh Perusahaan. Berikut tips melamar kerja untuk para fresh graduate, saya berikan tips dari sisi Psikologis, serta sudut pandang saya yang telah pengalaman sebagai seorang Recruiter di sebuah Perusahaan. Saya ungkap selengkap-lengkapnya, apabila ada yang dirasa masih kurang boleh comment. Pertama saya uraikan dari awal dulu, karena pertanyaan dari teman-teman freash graduate biasanya cara mendapatkan informasi lowongan kerja itu dimana? Ok the first question is When.... Jawabannya ialah so simple sebenarnya dengan perkembangan jaman kita dipermudah dengan teknologi, kita bisa browsing dengan cepat dan mudah info-info lowongan kerja di Internet, dan kita bisa ikut mendaftar menjadi pencari kerja di website lowongan kerja di Indonesia ada jobstreet, jobs.id, karir.com, dlsb silahkan browsing tapi Ups kalian harus lihat dengan jeli ya jangan asal pilih Perusahaan karena ada lowongan terus langsung apply, sebelumnya periksa dengan baik profil Perusahaan tersebut jangan terjebak dengan Perusahaan abal-abal. Selain internet atau media elektronik, kita bisa mencari lewat media cetak, biasanya media cetak membuat kolom lowongan kerja khusus, jadi harus semangat ya mencari jangan mudah menyerah dengan hanya mencoba satu lowongan. Selanjutnya dari sisi Psikologis kita manfaatkan pertemanan atau jejaring sosial sebanyak-banyaknya, siapa tau kita dapat informasi lowongan kerja dari teman itu banyak mungkin terjadi, jadi bermodal lah komunikasi dan good attitude maka akan mendapat banyak teman, sehingga akan banyak mendapat informasi dan rekomendasi diri yang baik. Setelah When, berlanjut ke How. Bagaimana membuat surat lamaran kerja dan profil diri yang baik sehingga bisa cepat dilirik oleh Perusahaan. Yang pertama penting juga dianggap sepele terkadang oleh para pelamar hal ini pengalaman saya sebagai seorang recruiter saya merasa malas menerima aplikasi email pelamar yang size nya terlalu besar. Jadi silahkan para fresh graduate gunakan teknologi compress file atau lebih baik satu attachment sudah mengungkap semua profil Anda, subject email juga perlu sekali dicantumkan dengan singkat yang memuat posisi apa yang Anda lamar, dan penggunaan email pribadi sebaiknya yang formal jangan menggunakan nama akun yang alay, ingat dari segi Psikologis hal itu mencerminkan profesionalitas. Hal tadi tips ketika melamar via media elektronik, selanjutnya bagaimana jika via media cetak, informasi data diri dan alamat serta posisi yang dilamar dapat dicantumkan di amplop pelamar. How selanjutnya mengenai isi lamaran, tentu saja tipsnya buat yang semenarik mungkin tetapi tetap formal dengan memperhatikan posisi yang Anda lamar, contohnya apabila melamar di bagian design pastinya menonjolkan kemampuan Anda di design sangat diperlukan sekali, dari segi Psikologis seperti yang diungkapkan sebelumnya kita haruslah memperhatikan profesionalitas, foto yang ditampilkan akan menonjolkan bagaimana personality kita, jadi jangan pasang foto alay dari angel atas, bawah, kiri, atau kanan, kecuali apabila melamar menjadi model dan hal itu diperlukan sekali lagi kondisikan dengan posisi yang Anda lamar, seorang yang fresh graduate tidak dapat menonjolkan diri dari pengalaman kerja pastinya, maka tipsnya tonjolkan diri Anda dari beberapa kegiatan yang positif seperti pengalaman organisasi hal ini menunjukkan Anda siap dan terbiasa team work karena di dunia Pekerjaan Anda akan menemukan berbagai karakter yang diharuskan bekerjasama. Tuliskan skill yang dimiliki, jadi tipsnya dimulai dari Anda sekolah/ kuliah jangan hanya kost, kampus, kantin (3K), tapi tambah K satu lagi Kegiatan tentunya Kegiatan yang positif seperti mengikuti organisasi dan seminar-seminar untuk menambah wawasan, kalau memiliki time management yang bagus tambah K satu lagi yaitu Kerja (part time) dapat pengalaman tentunya dapat tambahan uang jajan. Ingin tips lanjutan yang merasa belum greget, silahkan dapat berkonsultasi langsung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Stalaktit Stalagmit

It's being wonderful and MasyaAlloh if we see the light in the dark, it's like seeing stalaktit and stalagmit in the deepest of cave bright like a diamond. Kalau pembaca yang belum pernah lihat langsung stalaktit dan stalagmit temuilah segera! Apakah sesingkat itu dan semudah itu stalaktit dan staklagmit terbentuk apalagi menjadi bentuk yang indah menjuntai di langit-langit goa dan di lantai goa? Jawabannya pasti tidak, oleh para ahli bebatuan pasti pun mereka akan menjawab tidak. Stalaktit dan Stalagmit itu terbentuk dari kumpulan kalsit atau kalsium karbonat yang berasal dari air yang menetes. Ya tetesan air, dimana tetesan air itu setetes demi setetes tetapi terus menerus dari langit-langit gua atau dinding gua.  Kisah inspiratif yang dapat saya ambil dari cerita terbentuknya stalaktit dan stalagmit ialah bahwa sesuatu yang indah dan besar tidak terbentuk dengan singkat atau sekejap saja apalagi instan tetapi butuh dilakukan terus-menerus seperti air yang terus men

Pentingnya Inisiatif Dalam Dunia Kerja!

  Kenapa bahasan kali ini saya tertarik mengulik mengenai INISIATIF? sebelumnya kita pahami pengertiannya Inisiatif adalah kemampuan untuk memutuskan dan melakukan sesuatu yang benar tanpa harus diberi tahu, mampu menemukan apa yang seharusnya dikerjakan terhadap sesuatu yang ada di sekitar, berusaha untuk terus bergerak untuk melakukan beberapa hal walau keadaan terasa semakin sulit. Akhir-akhir ini di perusahaan partner saya, kebutuhan SDM "inisiatif" sangat penting dibutuhkan apalagi di kondisi pekerjaan remote/ online working era saat ini, dimana tidak pernah bertatap muka secara langsung, koordinasi via online atau virtual, dimana sebelumnya ide-ide dalam pekerjaan, argumentasi bisa diutarakan secara langsung head to head, face to face, tinggal jalan temui orangnya di ruang kerjanya,  tidak perlu biaya tambahan kuota meeting online yang dimana distraksi kita tidak tau apa saja yang terjadi di lawan bicara kita atau pada karyawan kita, kontrol terus tiap saat pun akan men

Design Thinking sebagai Metode yang Powerfull

Metode design thinking fokus dengan mengkolaborasikan multidisipliner dan perbaikan terus-menerus dan merupakan metode yang powerfull untuk mencapai desain yang diinginkan, ramah pengguna, dan ekonomis, serta produk dan layanan inovatif.  Inovasi yang dihasilkan bisa berupa produk, jasa, atau desain bisnis. Langkah-langkah Design Thinking sebagai berikut : a.        Emphatize ,   tahapan ini adalah kondisi Anda dalam melihat masalah orang-orang (user) yang ada di sekitar Anda. Berinteraksi dengannya akan membuat Anda tahu apa yang mereka pikirkan dan rasakan. Maka dengan begitu Anda akan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Dengan demikian Anda bisa menggali pemikiran Anda untuk bisa menjawab apa yang mereka katakan pada Anda saat berinteraksi.   Tujuan dari Emphatize adalah mengetahui akar masalah b.       Define , nah pada tahapan ini Anda sudah mulai menemukan apa yang cocok untuk menjawab pertanyaan yang didapat pada saat tahapan emphatize. Sasaran yang ingin dicapai